3 Jenis Kayu Yang Baik Untuk Pembuatan Furniture

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, karena terletak di wilayah tropis. Salah satunya adalah sumber daya kayu, dimana ada sekitar 4.000 jenis kayu yang dimiliki Indonesia. Namun, tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya, hanya sekitar 400 jenis kayu yang laku dijual mahal dan 260 jenis kayu saja yang boleh diperdagangkan. Lantas, jenis kayu apa saja yang paling bagus untuk pembuatan furniture? Simak pembahasan dibawah.

Jenis Kayu Terbaik Untuk Pembuatan Furniture

  1. Kayu Jati

Jati adalah jenis kayu bermutu tinggi yang sudah populer sejak zaman dahulu. Ciri utama kayu jati antara lain sebagai berikut:

  • Ukuran pohonnya besar
  • Berbatang lurus
  • Bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 30-45 meter
  • Diameter batang bisa mencapai 1,8-2,4 meter

Jati tergolong sebagai kayu kelas satu, dikarenakan keawetan, keindahan dan kekuatannya yang sudah terbukti bagus. Kayu jati adalah salah satu jenis kayu yang mempu bertahan dari serangan rayap.

Beberapa furniture yang biasa terbuat dari kayu jati antara lain pintu, meja, kursi perlengkapan kamar set,dan ukir-ukiran.

  1. Kayu Ulin

Sudah tahu belum kayu ulin? Nama kayu ulin memang belum begitu populer ditengah-tengah masyarakat, namun kualitasnya jempolan. Kayu bulian atau ulin dikenal dengan keawetan dan kekuatannya yang tahan terhadap rayap dan air.

Asalkan Anda tahu, kayu ulin sering dijuluki sebagai kayu besi. Kayu ini biasa tumbuh subur di sejumlah daerah seperti Sumatera bagian timur, Kalimantan dan Sulawesi.

Jika dilihat secara morfologi, kayu ulin mampu tumbuh mencapai 50 meter dan diameter hingga 2 meter.

  1. Kayu Merbau

Merbau atau kayu ipil adalah salah satu jenis kayu bertekstur keras yang memiliki kualitas super. Banyak tumbuh di wilayah Papua Barat dan Maluku. Orang mancanegara biasa menyebut kayu merbau dengan istilah malacca teak, moluccan ironwood, dan mirabow.

Tidak jauh berbeda dengan kayu ulin, kayu merbau juga bertekstur keras. Kulit kayu merbau biasa berwarna coklat pucat atau abu-abu terang. Ketinggiannya bisa mencapai 50 meter, ukurannya sedang sampai besar dan diameter sekitar 1,6 – 2,4 meter.

Demikianlah ringkasan mengenai 4 jenis kayu terbaik untuk pembuatan furniture, semoga bermanfaat.