Cara Merawat TABULAMPOT Agar Cepat Berbuah

Pohonnya berukuran kecil, ditanam di dalam pot, mudah dipindahpindahkan, dan berbuah lebat menjadi daya tarik tabulampot. Tapi setelah berbuah, kebanyakan tabulampot jadi malas berbunga dan berbuah kembali. Bagaimana agar tabulampot Anda rajin berbuah?

Cocok di Musim Hujan

Karena tabulampot termasuk tanaman yang membutuhkan penyiraman yang rutin, tabulampot menjadi tanaman yang cocok ditanam di musim hujan. Tapi jika tabulampot dalam keadaan berbuah, sebaiknya hindari terpaan air hujan yang terlalu banyak. Ini bisa menyebabkan buah membusuk karena terlalu banyak air. Buah muda juga bisa rontok jika terkena air hujan.

MERAWAT TABULAMPOT

Ini dia langkah perawatan agar tabulampot rajin berbuah!

  1. Pemangkasan Tabulampot memiliki ciri khas tidak terlalu tinggi dibanding tanaman buah yang ditanam di tanah. Untuk itu, Anda harus melakukan pemangkasan secara rutin agar tabulampot tidak menjulang tinggi. Sebaiknya, pemangkasan dilakukan setelah tabulampot selesai berbuah. Pemangkasan juga diperlukan agar tabulampot lebih cepat berfotosintesis karena daun baru yang bermunculan.

Cara pemangkasan yang dianjurkan adalah sebagai berikut.

  • Pilih ranting yang sudah panjang dan sehat lalu potong setengah bagian.
  • Buang 3-4 daun teratas agar tanaman terangsang untuk membnetuk tunas baru.
  1. Pemupukan Disarankan untuk selalu menggunakan pupuk organik. Pupuk organik biasanya dicampurkan saat tabulampot baru ditanam. Untuk perawatan, berikan kembali pupuk organik setiap bulannya. Pemberian pupuk kimia juga disarankan namun jangan terlalu banyak. Pupuk kimia yang terlalu banyak akan membuat tanah mengeras dan mematikan unsur hara alami di dalamnya.
  2. Penggantian Media Tanam Setiap 6 bulan sekali ganti media tanam. Penggantian ini dilakukan agar tabulampot mendapatkan nutrisi baru dari media tanam yang baru. Media tanam tabulampot biasanya campuran antara tanah dan sekam dengan perbandingan 1:1. Mengganti media tanam juga bisa dibarengi dengan penggantian pot. Sesuaikan ukuran pot dengan ukuran tanaman agar akar dan batang bisa tumbuh dengan lebih baik.

TRIK MANISKAN BUAH

Tahukah Anda bahwa kita bisa membuat buah tabulampot jadi lebih manis? Triknya adalah dengan mengurangi penyiraman 1 minggu sebelum buah akan dipetik. Dengan begitu, daging buah akan lebih padat dan rasanya lebih manis. Air yang terlalu banyak dapat menyebabkan kandungan air pada buah jadi lebih tinggi, sehingga mengurangi rasa manis.

Nah itulah cara merawat tabulampot, namun berikut adalah rekomendasi toko jual genset silent 650 Kva di Jakarta.