Rumah Bisa Dijual, Apartemen Bisa Disewakan Bagian 2

INVESTASI MENENGAH VS PANJANG

Aleviery Akbar, Associate Director Residential Sales & Leasing Colliers International, mengatakan investasi apartemen adalah investasi jangka menengah. Artinya, jika Anda ingin menghasilkan keuntungan dalam waktu cepat (10 tahun), maka belilah apartemen. Sementara rumah adalah investasi jangka panjang. Anda harus sabar menunggu hingga 20 tahun untuk mendapatkan keuntungan. Mengapa demikian? Ini disebabkan apartemen dapat disewakan segera dan langsung mendapat uang sewa. Tingginya minat sewa ini terkait dengan kebutuhan orang masa kini, yang tidak mau terjebak macet di jalan. Rumah, apalagi di pinggir kota, jelas sulit untuk disewakan kecuali ia dekat dengan pusat industri ataupun kampus. Namun perlu diingat, agar lebih laku disewa, Anda perlu mengisi interior apartemen yang akan Anda sewakan, yang biayanya sekitar Rp30 juta-50 juta.

AGAR INVESTASI APARTEMEN BERNILAI MAKSIMAL

  1. Menggunakan peralatan listrik—seperti lampu dan peralatan elektronik lain—yang hemat energi, sehingga Anda tidak dibebani biaya yang tinggi, apalagi jika Anda yang harus menanggung biaya listrik. 2. Gunakan shower ketimbang keran sehingga penyewa bisa menghemat air. Dengan begini, tagihan air Anda tak terlalu besar. 3. Jika Anda menyewakan apartemen full furnish (telah dilengkapi furnitur), sebaiknya pilih gaya interior yang simpel dan fungsional, jangan terlalu ekstentrik. Selain memudahkan perawatan, gaya yang simpel juga dapat diterima semua orang. 4. Asuransikan apartemen Anda. Jika terjadi musibah seperti kebakaran, banjir, gempa, dan lain-lain, kerugian Anda dapat diganti. Namun sebelum memutuskan, konsultasikan dulu dengan pengelola gedung.

AGAR APARTEMEN CEPAT LAKU

Apartemen dengan interior yang menarik akan lebih mudah laku. Karenanya buatlah apartemen seindah mungkin, walaupun bukan berarti Anda harus mengisinya dengan furnitur yang mahal. Paling tidak, apartemen Anda terlihat menarik. Lengkapi apartemen dengan perabot, minimal ada peralatan masak standar, televisi, dan kulkas.

Pasang iklan di beberapa situs online seperti olx, rumah123. com, rumah.com, dan sewaapartemen.net. Harga jasa pasang iklan di situs sewa-apartemen.net Rp35.000-Rp80.000/6 bulan. Jika ingin menyewakannya secara harian (mirip dengan hotel), Anda bisa menggunakan situs airbnb.com. Jika tak mau repot, biasanya di setiap apartemen ada agen penyewaan. Agen ini bisa menjadi perantara Anda, namun tentu saja Anda akan dikenakan biaya.

Biayanya berbeda-beda setiap agennya. Misalnya saja di Apartemen Gading Nias, biaya yang ditawarkan adalah Rp1 juta/ transaksi. Harganya memang mahal, namun keuntungan menggunakan agen adalah, jika terjadi kerugian akibat penyewa (misalnya ada benda yang dicuri), maka agen akan bertanggung jawab terhadap kerugian tersebut.

Sebuah apartemen tentunya dilengkapi dengan genset sebagai sumber listrik cadangan. Harga genset murah untuk apartemen bisa dipesan di Suplier Jual Genset Bali yang memberikan garansi resmi serta potongan harga yang bersaing.