Rumah Bisa Dijual, Apartemen Bisa Disewakan Bagian 3

CARA MEMILIH HUNIAN BERNILAI TINGGI

Menurut Eddy Ganefo, ketua APERSI, jika Anda tertarik memilih apartemen sebagai lahan investasi, perhatikan hal-hal berikut ini. • Pengembangnya terpercaya. • Lokasi strategis, dekat dengan perkantoran atau perguruan tinggi. Percuma jika membeli apartemen namun akses sulit. Ketua APERSI, Eddy Ganefo mencontohkan, area yang sedang berkembang untuk apartemen ini adalah area Cawang, Jakarta Timur. Area ini mudah diakses dengan kendaran umum (angkot dan Transjakarta), serta tak jauh juga dari tol ke luar kota. • Didukung infrastruktur yang lengkap dan transportasinya mudah.

• Keamanan dan kebersihannya terjaga. • Fasilitasnya lengkap, misalnya area parkir, taman, lobi, dan pusat kebugaran. Orang yang menyewa atau membeli apartemen Anda pasti akan tertarik soal ini. • Legalitas, apakah masih berupa HGB atau strata title. Sementara jika Anda akan membeli rumah sebagai investasi, selain faktor yang sama di atas, Eddy menambahkan faktor lainnya antara lain lingkungan yang nyaman dan bisa menunjang kebutuhan. Sebab umumnya orang mencari rumah yang nyaman dihuni, tak sekadar akses yang baik, atau harga yang murah.

PLUS MINUS LAINNYA

RUMAH BISA DIRENOVASI. Salah satu keuntungan investasi rumah adalah rumah dapat direnovasi (dikembangkan). Anda bisa membeli rumah standar, memperluasnya secara horizontal atau vertikal, lalu menjualnya. Harga jualnya tentu akan lebih tinggi.

WAJIB MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN. Di Jakarta, tanah yang luasnya kurang dari 100m2 dibebaskan dari tanggung jawab membayar PBB. Namun tidak demikian halnya dengan pinggir kota. Jika Anda belum berhasil menjualnya, Anda harus membayar pajak ini setiap tahunnya.

APARTEMEN Apabila digunakan sebagai jaminan atau agunan, nilainya lebih rendah dibandingkan rumah.