Selalu Menentang Perkataan Orangtua

Halo ibu mayke, anak saya, gaza (3,6) mendadak jadi manja, rewel, suka teriak, dan cari perhatian dengan mengerjakan hal-hal sebaliknya dari yang saya minta. Atau, minimal dia akan membalikbalikkan kalimat saya. Misalnya, kalau disuruh minum susu, dia jawab, “bunda tau gak, minum susu itu gak bikin sehat, gak pinter, gak tinggi….” Sekarang kami jadi sering berantem.

Katanya, itu karena dia mau punya adik, ya? Memang, saat ini saya sedang hamil 15 minggu. Bagaimana cara mengatasinya supaya dia kembali manis? Saya suka melibatkannya mengobrol sambil menempelkan telinganya di perut, bercerita tentang hal-hal seru yang kelak akan dia alami kalau sudah punya adik, dan lainnya. Apakah itu tepat? Terima kasih atas jawaban ibu mayke. Pritha khalida – jakarta.

Mengapa anak sulung “mendadak” menjadi manja dan rewel, apakah karena dia menangkap gejala ibunya hamil? Entahlah, tapi memang pada beberapa anak ada yang sensitif dan menjadi rewel ketika ibunya hamil lagi. Namun bisa juga diperhatikan, apakah sejak ibunya hamil, tanpa disadari perlakuan terhadap anak pun berubah, sebab seFara O sik ada keterbatasan pada ibu? Hal ini yang ditangkap oleh anak sehingga dia pun berubah perilakunya, menjadi mudah rewel.

Agar tidak sering bertengkar dengan anak, sebaiknya tidak usah terlalu ambil pusing ketika anak mengeluarkan pernyataan yang berlawanan dengan yang seharusnya. Kalau dia mengatakan, “Bunda tau gak minum susu itu gak bikin sehat, gak pinter, gak tinggi,”; maka ibunya bisa berkata, “Oh jadi kamu anggap minum susu itu gak sehat?

Ya, sudah, nanti kapan-kapan kalau kamu mau minum susu bisa ambil di kulkas atau minta ke Bunda, ya.” Hindari memberikan nasihat panjang lebar, nanti anak bosan dan malahan semakin melawan. Usia anak saat ini 3,6 tahun, seharusnya dia sudah bisa diajak bicara, diberikan alasan mengapa perlu minum susu, bacakan dari buku cerita anak-anak tentang manfaat susu.

Agar anak memiliki keterampilan berbahasa asing yang baik, seharusnya berikan ia pelatihan di tempat terbaik kursus bahasa Perancis di Jakarta yang memiliki tentor yang profesional dan bersertifikat.